Laman

Minggu, 23 Januari 2011

File - file : pengertian dasar Linux!

Linux mempunyai filesystem--- artinya struktur direktori dan file file yang terkandung di dalamnya. yang mana hal ini sangat mirip dengan DOS. File file mempunyai nama yang harus mengikuti peraturan khusus yang tersimpan dalam direktori, beberapa bisa dieksekusi (executable) dan diantaranya mempunyai perintah sebagai switch. Lebih lanjut, Anda dapat menggunakan karakter wildcard, pengalihan (redirection), dan pemipaan (piping) :
Dibawah ini akan menjelaskan perbedaan kecil dengan DOS :
• Kalau di DOS, penamaan file hanya mengikuti aturan/bentuk 8.3 (8 karakter namafile dan 3 extension) contohnya NOTENOUG.TXT . Kalau di Linux kita akan dapat berbuat lebih baik. Jika Anda telah menginstall Linux dengan filesystem seperti ext2 atau umsdos , Anda dapat menggunakan nama yang lebih panjang (hingga 255 karakter) dan nama file bisa memiliki lebih dari satu titik. contohnya : This_is.a.VERY.long.filename (perhatikan huruf besar dan kecilnya)
• Huruf besar dan huruf kecil pada perintah dan nama file adalah berbeda. Contohnya : FILENAME.tar.gz adalah berbeda dengan filename.tar.gz juga perhatikan : perintah ls akan salah jika dituliskan LS
• Tidak ada ekstension wajib spt .COM dan .EXE untuk program atau .BAT untuk Batchfile. file yg dapat dieksekusi (Executable file) akan ditandai dengan tanda asterisk contoh :
• $ ls -F
• letter.to.joe cindy.jpg cjpg* I_am_a_dir/ my_1st_script* old~
file cjpg* dan my_1st_script* adalah file executable. kalau di DOS file backup akan berektensi .BAK kalau di Linux akan diberi tanda '~' kalau file yang dimulai dengan tAnda titik (.) adalah file tersembunyi (hidden file). contohnya: file dengan nama .I.am.a.hidden.file tidak akan ditampilkan jika kita memberikan perintah ls
• program DOS menggunakan tanda / sebagai parameter/switch kalau Linux menggunakan tanda - atau -- sebagai parameter/switch. contoh : di dos menggunakan perintah dir /s kalau Linux menggunakan perintah ls -R catatan: ada program DOS spt pkzip, arj dan sebagainya yang menggunakan tAnda - sebagai parameter/switch, seperti parameter gaya Unix.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar